A.LATAR BELAKANG
Dengan banyaknya pekerjaan terutama
dibidang otomotif,pasti masih banyak orang yang belum mengetahui,terutama cara penggantian
kanvas rem pada kendaraan (mobil).Dikarenakan banyaknya komponen-komponen dan
jenis-jenis pada kanvas rem yang digunakan pada kendaraan (mobil).
Banyaknya permasalahan yang muncul pada
perbaikan kanvas rem banyak
orang yang belum mengetahui cara penggantian kanvas rem.Sehingga membuat
kesalahan yang sangat fatal terhadap orang yang tidak mengetahui prosedur dalam
penggantian kanvas rem.
B.POKOK PERMASALAHAN YANG
DIAMBIL
Kanvas rem adalah alat yang ada pada
sistem pengereman dan rem juga berfungsi untuk memperlambat laju kendaraan dan menghentikan
suatu kendaraan, oleh karena itu sistem pengereman mempunyai komponen-komponen
yang sering rusak, bila salah satu komponen rusak maka sistem pengereman tidak
befungsi.
Bila kanvas rem habis maka sistem
pengereman tidak berfungsi dengan baik seperti pada umumnya.Kenapa kanvas rem
itu sering aus atau habis?. Dalam masalah ini akan saya bahas pada halaman
kesimpulan.
C.LANGKAH
KERJA
1.DIAGNOSA PERMASALAHAN/KERUSAKAN/PEKERJAAN
a. Periksa ketebalan kanvas rem dengan melihat kondisi
fisiknya yaitu pada lubang
indikator drum brake
b. Lakukan pengecekan dengan cara
mengendarai mobil kemudian di rem apakah rem
berfungsi dengan baik/pakem?
c. Apabila rem tidak berfungsi dengan baik lakukan
pembongkaran
Yaitu apabila pedal rem diinjak maka
fungsi rem depan tidak bekerja seperti
pada umumnya, dan apabila kendaraan jalan, kanvas rem berbunyi. Rem juga tidak
terjadi pengereman/ rem blong.
2.ALAT DAN BAHAN
a. Alat: b. Bahan:
- Dongkrak - Satu unit
mobil ford ranger
- Kunci roda - Satu set kanvas rem
- Kunci
pas ring 14
- Jack stand
3.KESELAMATAN
KERJA
a. Memakai pakaian kerja
b. Memakai sepatu safety
c. Menggunakan helm kerja
d. Menggunakan alat sesuai fungsinya
e. Berhati-hati pada saat pembongkaran dan
pemasangan
4.LANGAH
KERJA
a. Longgarkan mur roda depan
b. Angkat kendaraan (mobil) dengan cara
didongkrak
c. Pasang jack stand
d. Lepaskan mur roda dan rodanya
e. Lepaskan baut pengikat caliper yaitu dengan kunci 14
f. Angkat caliper dan keluarkan kanvas rem
5.LANGKAH PEMERIKSAAN
Periksa kondisi balok rem.Jika kanvas
mulai lepas dari plat dudukannya atau jika tebal kanvas kurang dari 2 mm,balok
rem harus diganti. Atau dengan cara apabila diinjak pedal rem akan terjadi
bunyi pada roda depan,itu adalah plat pada kanvas rem sudah menyentuh disc brake.
NO
|
NAMA
KOMPONEN
|
HASIL
PEMERIKSAAN
|
KESIMPULAN
|
1.
|
KANVAS
REM
|
PLAT
PADA KANVAS REM SUDAH MENYENTUH DISC
BRAKE
|
KANVAS
REM HARUS DIGANTI
|
6.LANGKAH PEKERJAAN /
PENGGANTIAN
Cara megganti kanvas rem depan
mobil,dengan cara:
- Mengganti kanvas rem dengan yang baru
7.LANGAH PEMASANGAN
a. Pasang plat pengganjal kanvas rem
b. Pekan piston dengan tracker
c. Pasang kanvas rem
d. Pasang
caliper dan pasang baut penguncinya
e. Pasang roda dan pasang mur roda
f. Turunkan kendaraan dengan cara
menurunkan dongkrak
g. Kencangkan mur roda
8.LANGAH UJI COBA
Apabila penggantian kanvas rem sudah
selesai diganti maka remharus diuji coba dengan cara menjalankan kedaraan
kemudian di rem. Apabila rem berfungsi dengan baik maka pengereman akan pakem.
D.KESIMPULAN
Dari
penulisan laporan praktik kerja industri saya simpulkan, bahwa pada pengereman
sistem cakram banyak
masalah yang sering muncul seperti kanvas rem habis. Kanvas rem sering habis
karena adanya dorongan dari piston rem dan menyebabkan kanvas rem bergesekan
dengan piringan yang mengakibatkan kanvas rem sering aus. Sistem pengereman
sangat penting, karena dengan adanya rem kita bisa berkendara dengan nyaman dan
memperkecil adanya kecelakaan. Oleh karena itu, kanvas rem harus sering
diperiksa, agar kita tahu kanvas rem itu masih baik atau tidak.
E.DAFTAR
PUSAKA
Mekanik PT.Sarmiento Parakantja Timber
1. Farhan syurur
2. Harun rasyid
Tidak ada komentar:
Posting Komentar